Ginan Nikmati Kariernya di Jeruji

Kehilangan vokalis bisa berakibat fatal bagi sebuah band. Namun urusan mencari frontman baru yang sejalan dan selaras dengan karakter band agar masih bertahan, bukan persoalan gampang juga. Salah comot vokalis, grup bisa pecah personel lalu bubar, meskipun pada band lain hal itu bukan masalah gawat.

Band hardcore punk asal Bandung, Jeruji, mengalami masa kehilangan vokalis seperti itu. Saat Aldonny Supriadi alias Themfuck mundur pada 6 April 2015, band yang terbentuk pada 30 September 1996 itu sempat menggaet Lookass Verbal Spungen dari band punk Tcukimay sebagai vokalis.

Selanjutnya pada Agustus 2015, Jeruji akhirnya menetapkan Ginan Koesmayadi sebagai vokalis baru. Bersama energi aktivis komunitas Rumah Cemara Bandung itu, Jeruji menggarap album anyar yang kelima berjudul Stay True dan dirilis 28 Oktober 2016.

Meskipun berkawan dekat dengan Jeruji, Ginan yang sebelumnya vokalis band Mood Altering, itu tidak menyangka bisa bergabung di band tersebut. “Menjadi vokalis Jeruji sama sekali tak terlintas sebelumnya,” kata penulis buku memoar Melampaui Mimpi itu.

ginan-jeruji
Dia mengaku kesengsem dengan musik dan lirik yang diolah Jeruji. Faktor itu juga yang membuat pria kelahiran 13 Juli 1980 itu melepas tawaran untuk tinggal di luar negeri pada 2013. Sebelumnya ia sempat tertarik untuk berangkat karena perjuangannya dalam arus perubahan hak-hak pengguna narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (NAPZA) sebagai warga sipil selama belasan tahun terasa berjalan di tempat.

Dalam sejumlah kesempatan, Jeruji dan Rumah Cemara terlibat dalam beberapa kolaborasi. Hubungannya dengan personil Jeruji semakin erat hingga seperti keluarga sendiri. “Saya bersyukur sampai diberi keajaiban mengisi kekosongan vokal (di Jeruji),” ungkapnya.

Menurutnya, ada tanggung jawab yang harus ia tunjukkan saat memilih bertahan dan mengisi vokal Jeruji. Selain itu, ia menampik jika yang dilakukannya dianggap aji mumpung.

“Saya masuk ke Jeruji bukan untuk menggantikan Themfuck. Saya masuk ke Jeruji untuk memberi warna baru, warna yang berbeda. Karena sesuatu yang tidak mungkin menggantikan Themfuck di Jeruji, penokohannya sudah kuat,” terangnya.

Jeruji menurut Ginan sudah keluarga sendiri yang mampu menerima kekurangan dan kelebihannya. “Itu yang saya cintai dari Jeruji,” ujarnya.

Ginan berharap, dengan semakin mantapnya ia berkarya di jalur musik bersama Jeruji akan berdampak positif pada yang lain. “Jeruji ini sebuah band yang mampu mempertahankan lirik yang dibuatnya. Sikap dan pernyataannya bukan hanya meneriakkan sesuatu tetapi juga mampu bertanggung jawab pada apa yang disuarakannya,” ucapnya.

(Huyogo Simbolon)

Dikutip dari https://qubicle.id/story/ginan-nikmati-kariernya-di-jeruji