Band Punk Jeruji Luncurkan Album dengan Vokalis Baru

Setelah melalui masa yang cukup panjang, band bercorak hardcore punk asal Bandung, Jeruji, akhirnya merilis album terbaru mereka. Berjudul Stay True, mereka merilis album itu di Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2016. Dengan vokalis baru, Ginan Koesmayadi, album berisi 9 lagu tersebut digarap lebih ‘menggigit’ telinga punkers dari karya sebelumnya.

Perlu waktu lima tahun bagi band yang berdiri pada 30 September 1996 itu untuk menelurkan karya baru sejak album keempat berjudul Warlock. Kini mereka menggaet label independen lokal Bandung, Grimloc Record dan Monster Stres Records, sekaligus memberi sentuhan baru pada lagunya.

Bergabungnya Ginan Koesmayadi sebagai vokalis baru ikut berperan dalam penampilan Jeruji saat ini. Ia menggantikan vokalis sebelumnya, Aldonny Supriadi yang hengkang tahun lalu. Di ranah underground dan scene musik Bandung, Ginan bukan orang baru. Aktivis komunitas Rumah Cemara itu sebelumnya berkiprah sebagai vokalis band Mood Altering.

Album Stay True mengangkat tema kemandirian dan dialektika, juga kebebasan, serta tanggung jawab. Mereka berusaha dengan lugas menjawab pemaknaan hardcore punk yang menjadi bagian dari solusi masalah.

Drumer Sanny Harjasyah mengatakan, proses kreativitas dan pembuatan materi lagu pada album ini lebih bebas dibanding sebelumnya. Ginan sendiri dinilai Sanny justru lebih cepat beradaptasi dengan dirinya dan para personil lain. “Kita kesukaannya berbeda-beda tetapi dalam prosesnya kita malah semakin dewasa,” ungkap Sanny, saat berbincang dengan media di sebuah kafe di Bandung, 28 Oktober 2016.

Senada dengan Sanny, bassist Hendy Pengex menyatakan pengerjaan album lebih kolektif. Semua personil ikut terlibat dalam pembuatan album. “Dulu proses pembuatan kebanyakan berasal dari satu orang. Kalau sekarang semua personil ikut bekerja. Dengan berbagai perbedaan kita memunculkan sebuah benang merah,” ucap Pengex.

Sementara vokalis Ginan menjelaskan, Stay True dimaknai sebagai bentuk kejujuran yang muncul dalam dirinya. Dikatakan Ginan, Jeruji justru memberikannya ruang soal dirinya mengeksplorasi diri yang coba disampaikan ke dalam 9 lagu mereka.

bb11e7178516f7bede401651ad5f3a82

Selama proses pembuatan album, menurut gitaris Andre Vinsensius, kendalanya terkait kesibukan aktivitas para personil. “Anak-anak sekarang kan juga ada yang bekerja. Paling kendala yaitu waktu. Menemukan waktu yang tepat dan akhirnya bisa terwujud juga,” ungkapnya.

Dikutip dari https://qubicle.id/story/band-punk-jeruji-luncurkan-album-dengan-vokalis-baru